JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki "Hobi yang Dibayar Mahal" salah satu keinginan dari banyak orang.
Ketika memiliki sebuah hobi dan menekuninya, maka bukan tidak mungkin hobi itu bisa menjadi ladang cuan.
Hal inilah yang dialami oleh Najla Farid Bisyir dalam mengembangkan usaha dessert box-nya yang diberi nama Bittersweet by Najla.
Baca juga: Jual Produk Olahan Cokelat, Pebisnis Asal Bali Ini Raup Omzet Rp 40 Juta Per Bulan
Najla menceritakan, bisnisnya diawali dengan kecintaanya untuk jajan makanan cake dari berbagai mal.
Dia berpikir, daripada mengeluarkan banyak uang untuk membeli beragam slice cake, lebih baik membuatnya sendiri, pasalnya membuat kue juga merupakan hobi ibu rumah tangga ini.
Apalagi karena dia sering mendapatkan produk cake yang tidak bisa bertahan lama dan berubah bentuk ketika sudah di simpan beberapa hari atau bahkan dimasukkan ke dalam kulkas.
Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
"Cake itu sering habis dibeli dan disimpan di dalam kulkas bentuknya berubah. Selain itu saya mikir, daripada membeli mending saya buat sendiri kan. Dari sanalah awalnya," ujarnya dalam ShoppePay Talks edisi 9 yang disiarkan secara virtual, Jumat (18/6/2021).
Ia pun mencoba produknya dengan menjadikan keluarganya sebagai "tester". Hasilnya produknya tersebut mendapat pujian dari keluarganya.
Bahkan, ketika ia mengunggah dessert buatannya pertama kali yaitu Cinnamon Roll di media sosial Path, teman-temannya pun memberikan respons yang antusias.
Berkat dukungan teman-temannya tersebut akhirnya Najla pun memberanikan dirinya untuk membuka usahanya dengan sistem Pre-Order (PO).
"Mereka bilang enak, malah mereka nyuruh aku untuk buka sistem PO, mereka suruh untuk ku jual. Aku makin pede dong," katanya.
Semakin hari, usaha dessert-nya semakin disukai banyak orang. Per harinya ia berhasil menjual 30 loyang kue.
Setelah berjalan hampir beberapa bulan, Najla memutuskan untuk menekuni bisnisnya dengan menambah wawasannya dan belajar hingga ke Negeri Jiran, Malaysia.
Di sana ia fokus menambah ilmunya mulai dari belajar mengenai pengelolaan, teknik pemasaran hingga banyak lainnya. "Ketika belajar di sana, aku stop dulu usaha kecilku. Fokus dulu belajar," ujar Najla.
Setelah beberapa lama fokus menambah ilmunya, Najla pun kembali ke Indonesia dan kembali membuka bisnisnya di tahun 2017.
Baca juga: Jalankan Bisnis Online, Ini Tips Pilih Jasa Pengiriman Barang agar Usaha Semakin Berkembang
Sebagi seorang ibu rumah tangga, ia mengaku, awalnya ia kesulitan mengatur waktu antara sebagai ibu rumah tangga dan sebagai pengusaha makanan dessert. Untungnya, dia mendapatkan dukungan penuh dari suaminya.
Hingga akhirnya Najla berhasil memiliki reseller lebih dari 40 kota. Beberapa cabangnya ada berada di kawasan Bogor, Depok, Kemang, Sunter, dan Kalibata.
Untuk penjualannya, Najla sangat memanfaatkan berbagi media sosial seperti Instagram.
Dia juga memakai jasa para Selebgram untuk membantu dia memasarkan produknya.
"Alhamdulillah, semua bisa terjadi seperti saat ini. Intinya, kalau memang mau buka usaha memang harus ada niat, apalagi ketika usaha yang kita buka adalah passion kita," ucap dia.
Baca juga: Sulap Minyak Jelantah Jadi Biodiesel, Pria Ini Raup Omzet hingga Ratusan Juta
Kisah Bittersweet by Najla, dari Hobi hingga Punya Banyak Reseller - Kompas.com - Kompas.com
Read More
No comments:
Post a Comment