Rechercher dans ce blog

Thursday, September 30, 2021

Manggarai, dari Pasar Budak, Revolusi, Hingga Modernisasi - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Saban saya ke Stasiun Manggarai, ribuan pasang kaki warga Jakarta hilir mudik. Langkah mereka terburu-buru pada pagi dan lelah di akhir hari. Lalu berjajar di peron menunggu kereta rel listrik (KRL) tiba.

Meski tidak melayani kereta api jarak jauh, Manggarai menjadi salah satu stasiun paling sibuk di Jabodetabek.

Stasiun itu sudah beroperasi selama 108 tahun, menjadi saksi geliat Batavia di bawah pendudukan Belanda, pemberontakan pemuda dan buruh pada masa revolusi, hingga detik-detik menegangkan penyelamatan Sukarno dari tentara Netherlands Indies Civil Administration (NICA).


Masyarakat Batavia telah mengenal Manggarai sejak kurun 1800 an. Wilayah ini menjadi tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Stasiun Manggarai baru dibangun pada 1914 lewat rancangan yang dibuat arsitek Belanda J. van Gendt

setelah perusahaan kereta api negara Staatsspoorwegen (SS) membongkar stasiun Bukit Duri yang hanya berjarak 400 meter dari Manggarai.

Saat itu, penguasaan kereta api di Batavia dan Meester Cornelis baru saja diambil alih SS pada 1913 dari perusahaan kereta api swasta, Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Stasiun Manggarai kemudian diresmikan pada 1 Mei 1918.

Rudy Gunawan dkk dalam tulisannya bertajuk Stasiun Jatinegara Era Revolusi Kemerdekaan Indonesia 1945-1949 (2021), menyebut SS kemudian membangun penghubung baru Stasiun Manggarai dengan Stasiun Jatinegara.

Jalur ini menggantikan penghubung lama Stasiun Tanah Abang-Menteng, Salemba, dan Kramat yang bersinggungan dengan jalur Jakarta-Bogor serta jalan Raya Matraman.

"SS membangun jalur ganda yang menanjak dari Stasiun Jatinegara, dan dibuat lebih tinggi dibandingkan jalur sebelumnya serta sebuah jembatan beton di atas Sungai Ciliwung," tulis Rudy.

Meski pada mulanya pembangunan jalur kereta oleh penjajah untuk mengangkut hasil bumi, pada akhirnya jalur-jalur besi itu digunakan sebagai transportasi umum warga Hindia Belanda.

Mobilitas penumpang commuter line di Stasiun Manggarai, Jakarta,Selasa, 22 Januari 2019. Guna mempercepat proses revitalisasi, selama kurang lebih 45 hari ke depan jalur 10 Stasiun Manggarai tidak bisa melayani naik dan turun penumpang. Penutupan yang dilakukan pada Rabu (23/1) itu karena adanya pekerjaan konstruksi dengan alat berat. CNNIndonesia/Safir MakkiMobilitas penumpang commuter line di Stasiun Manggarai, Jakarta,Selasa, 22 Januari 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)

Buruh Kereta Kuasai Stasiun

Lebih lanjut, lewat tulisannya, Rudy menyebut usai proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, beredar isu Belanda menargetkan perusahaan kereta api sebagai sasaran pertama untuk direbut.

Desas desus ini tercium oleh para pemuda. Mereka memahami bahwa perusahaan kereta api merupakan objek yang sangat vital. Sebab, jalur kereta api terhubung dengan berbagai daerah dan memiliki jaringan telekomunikasi.

Merespons keadaan ini, para pemuda berkumpul di Menteng 31 dan membentuk Committee van Actie (Panitia Aksi). Mereka mencanangkan program-program revolusioner, anti kolonial, dan sejumlah misi perebutan perusahaan dan senjata dari tangan Jepang. Mereka lantas membentuk Angkatan Pemuda Indonesia (API) pada 1 September 1945.

Gerakan API memantik kelompok buruh kereta api dan membentuk Angkatan Muda Kereta Api (AMKA). Mereka kemudian menjalin komunikasi dengan tokoh senior perkeretaapian dan menggelar rapat-rapat perebutan perusahaan kereta dari penguasaan Jepang.

"Akhirnya diputuskan bahwa pengambilalihan kekuasaan atas perkeretaapian harus segera dilaksanakan sebelum pihak Sekutu datang," tulis Rudy.

"Apabila sarana transportasi yang vital ini lebih dahulu diambil alih Belanda melalui Sekutu, maka akan mengancam jalannya perjuangan pergerakan kemerdekaan," tambahnya.

Aksi perebutan stasiun kereta api pecah pada 3 September 1945 sejak pukul 09.30 hingga 12.00. Perebutan dilakukan para pemuda, buruh kereta api, API, dan AMKA di stasiun-stasiun Jakarta.

Misi Penyelamatan Sukarno

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Adblock test (Why?)


Manggarai, dari Pasar Budak, Revolusi, Hingga Modernisasi - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Korsel Targetkan 300 Ribu Wisatawan dari Indonesia pada 2022 - Republika Online

Kunjungan wisatawan Indonesia ke Korea Selatan anjlok pada 2020 dan 2021. REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Korea Selatan (Korsel) menargetkan kun...